FAKULTAS EKONOMI

Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo

  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size
Home Administrasi Pendidikan Sistem Kredit Semester ( SKS )

Sistem Kredit Semester ( SKS )

E-mail Print PDF

Berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan, Keputusan Menteri Pendidikan Nasional No. 232/U/2000 tentang Pedoman Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi dan Penilaian Hasil Belajar Mahasiswa, Ketentuan tentang SKS dalam peraturan tersebut adalah sebagai berikut:

Nilai satuan kredit semester untuk setiap mata kuliah pada jenjang sarjana di tentukan dengan mempertimbangkan beberapa variable sebagai berikut:

a. Tingkat kemampuan/kompetensi yang ingin dicapai;

Tingkat keluasan dan kedalaman bahan kajian yang dipelajari;

b. Cara/strategi pembelajaran yang akan diterapkan


Posisi (letak semester) suatu kegiatan pembelajaran;

c. Perbandingan terhadap keseluruhan beban studi di satu semester.

Nilai kredit pada mata kuliah yang penyelenggaraan pembelajarannya menggunakan tatap muka, tugas terstruktur, dan tugas mandiri, beban studi 1 SKS tiap minggu mengikuti ketentuan sebagai berikut:

a. Untuk mahasiswa: 50 menit tatap muka/kegiatan terjadwal dengan tenaga pengajar, 60 menit acara kegiatan akademik terstruktur yaitu kegiatan studi yang tidak terjadwal tetapi dipantau oleh dosen/dosen PA, dan 60 menit kegiatan mandiri, yaitu kegiatan yang harus dilakukan mahasiswa atas dasar kemampuannya untuk mendalami, mempersiapkan, atau untuk tujuan lain dari suatu tugas akademik dan dipantau oleh dosen (PA).

b. Untuk dosen: 50 menit acara tatap muka/kegiatan pembelajaran terjadwal dengan mahasiswa, 60 menit acara perencanaan dan penilaian kegiatan akademik terstruktur, dan 60 menit pengembangan materi pembelajaran.

Beban studi program sarjana sekurang-kurangnya 144 (seratus empat puluh empat) SKS dan sebanyak-banyaknya 160 (seratus enam puluh) SKS yang dijadwalkan untuk 8 (delapan) semester dan dapat ditempuh dalam waktu kurang dari 8 (delapan) semester dan selama- lamanya 14 (empat belas) semester setelah pendidikan menengah.

Tahun akademik dibagi dalam 2 (dua) semester yaitu semester gasal dan semester genap yang masing-masing terdiri atas 14 (empat belas) sampai dengan 16 (enam belas) minggu.

Penyelenggaraan semester gasal di FE UVBN berlangsung dari Agustus sampai dengan Januari tahun berikutnya, sedangkan semester genap berlangsung dari Februari sampai dengan Juli dalam tahun yang sama